Laboratorium bahasa telah didesain secara maksimal sehingga peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa asing diharapkan dapat terjadi secara signifikan dan Simulasi berbagai cara berkomunikasi dapat dilakukan. Pembelajaran bahasa asing melalui laboratorium bahasa dibagi menjadi 3 fungsi dasar yaitu, percakapan (conversation), mendengarkan (listening) dan fungsi manajemen instruktur dalam mengatur kegiatan belajar mengajar.
Fungsi laboratorium bahasa sebagai sarana pembelajaran yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
1. | ListeningSiswa mendengarkan melalui bantuan perangkat elektronik yang tersedia. | |
♦ | Listening All. Semua siswa dapat langsung diarahkan untuk mendengarkan materi pelajaran yang diberikan oleh guru pada salah satu Channel. | |
♦ | Individu. Siswa dapat dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak maupun tetap, kemudian setiap kelompok dapat diarahkan untuk mendengarkan materi yang berbeda pada setiap Channel. | |
♦ | Student Select. Siswa dapat memilih sendiri materi pelajaran yang ingin didengarkan dari Channel yang tersedia melalui panel siswa | |
2. | ConversationSiswa melakukan berbagai jenis percakapan | |
♦ | Siswa secara berpasangan bercakap-cakap. Percakapan dapat dilakukan dengan teman semeja atau teman di depan meja. | |
♦ | Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Intinya percakapan siswa dilakukan secara berkelompok. | |
♦ | Random Group. Anggota tiap kelompok dipilih secara acak. Melalui fungsi ini maka instruktur dapat lebih mudah membagi siswa berdasarkan tingkat kepandaian dan memindahkan keanggotaan kelompok setiap saat. | |
3. | AttentionInstruktur menyampaikan materi atau pengumuman | |
♦ | Instruktur menyampaikan pengumuman atau materi pembelajaran kepada Semua Siswa dan melalui speaker ruangan. | |
♦ | Attentioin Channel. Instruktur menyampaikan materi kepada Siswa Yang Berada Dalam kelompok Tertentu. | |
4. | AttentionInstruktur menyampaikan materi atau pengumuman | |
♦ | Instruktur menyampaikan pengumuman atau materi pembelajaran kepada Semua Siswa dan melalui speaker ruangan. | |
♦ | Attentioin Channel. Instruktur menyampaikan materi kepada Siswa yang berada dalam Kelompok tertentu. | |
5. | MonitoringInstruktur menjalankan fungsi pengawasan terhadap kegiatan siswa. | |
♦ | Monitoring Channel. Instruktur memperhatikan percakapan Sekelompok Siswa Di Group Tertentu. | |
♦ | Monitoring Individual. Instruktur memperhatikan pembicaraan Seorang Siswa Secara Khusus. Baik ketika siswa tersebut berada dalam kelompok atau saat sedang berpasangan. | |
6. | IntercomSiswa dapat melakukan panggilan untuk percakapan dengan guru demikian pula sebaliknya. | |
♦ | Intercom Group. Instruktur melakukan percakapan dengan kelompok siswa yang dihubungi. | |
♦ | Intercom Individu. Seorang siswa menghubungi instruktur untuk melakukan percakapan dengannya. |