Pendidikan dan Latihan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Perum Perhutani Tahun 2019

(09-09-2019) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manuasia melaksanakan mandat dari Kementerian BUMN untuk mengadakan Pendidikan dan Latihan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Perum Perhutani Tahun 2019. Acara dilaksanakan pada Ruang Sonokeling yang di hadiri oleh Bapak Direktur SDM, Umum dan IT, Segenap Administratur atau perwakilan dari Rayon II Madiun juga peserta pembekalan Pra-tugas Rekrutan Calon Pegawai (PPB BUMN) Tahun 2019. (09-09-2019).

Pembukaan oleh Direktur SDM, Umum dan IT

Dalam pembukaan acara ini Direktur SDM, Umum dan IT menyampaikan bahwa seluruh BUMN Group telah mengadakan acara Pendidikan dan Latihan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Tahun 2019 dan dari Rekrutmen Perum Perhutani telah melalui tahap demi tahap. Pada tahap akhir juga telah diumumkan bahwa telah ada sebanyak 63 orang peserta. Tujuan dari Penyelenggaraan Pembekalan Pratugas Rekrutmen Calon Pegawai (PPB BUMN) Tahun 2019 yaitu untuk memberikan pemahaman dasar kepada peserta tentang jiwa korsa, proses bisnis, produk-produk Perhutani, organisasi serta dasar hukum yang berlaku juga untuk membentuk karakter bagi peserta sehingga memiliki sikap dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya perusahaan. BUMN hadir untuk negeri bukan hanya mencari keuntungan akan tetapi juga harus peduli kepada masyarakat. Dari hasil nantinya, peserta akan mendapat Ilmu Dasar dari Pusdikbang SDM yang berguna untuk diri sendiri, keluarga, teman dan orang lain.

Antusias peserta dalam mengikuti acara pembukaan Pendidikan dan Latihan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Perum Perhutani Tahun 2019

Acara Pendidikan dan Latihan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Perum Perhutani Tahun 2019 diikuti oleh peserta yang terdiri dari berbagai bidang kompetensi, sebagai berikut;

No Kompetensi Jumlah
1 Analis Kimia 1
2 Desain Produk Industri 1
3 Ekonomi 9
4 Geodesi 2
5 Hukum 5
6 Informasi Teknologi 10
7 Kehutanan 21
8 Pariwisata 6
9 Pertanian 4
10 Psikolog 2
11 Teknologi Industri 2
12 Teknik Kimia 0
Jumlah 63
Penyematan tanda peserta

Untuk komposisi peserta Pembekalan, yaitu;

  • Berdasarkan Jenis Kelamin
  1. Perempuan : 39 orang
  2. Laki-laki : 24 orang
  • Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Formal
  1. SLTA sederajat :    7 orang
  2. D3 : 021 orang
  3. S1 :   35 orang
Proses pembacaan “Janji Siswa” yang diikuti oleh seluruh peserta

Materi yang diberikan mengacu pada kurikulum dan Silabus yang ada pada Surat Keputusan Kepala Pusdikbang SDM Nomor: 043/KPTS/Pusdikbang SDM/ 2019 Tanggal 27 Agustus 2019 tentang Kurikulum dan Silabus Pembekalan Pratugas Rekrutmen Calon Pegawai (PPB BUMN) Tahun 2019. Materi pembekalan terdiri dari teori 44 JP dan kunjungan lapangan Pengelolaan SDH, Industri, Pemasaran, Ecotourism & Agroforestry 30 JP, total 74 JP. Sedangkan materi Bela Negara  terdiri dari bidang Kejuangan, Bidang Bimbingan Jasmani dan Militer dan Bimbingan Pengasuhan.

dari kiri : Kepala Departemen Pendidikan dan Pelatihan, Direktur SDM, Umum, dan IT, Kepala Pusdikbang SDM Perhutani

Sedangkan untuk fasilitator/ pengajar berasal dari:

  1. Segenap Kepala Divisi Perum Perhutani
  2. Tenaga Profesional Pusdikbang SDM
Jajaran Kepala Divisi Perhutani dan Tenaga Profesional Pusdikbang SDM Perhutani

Metode pembelajaran yang digunakan adalah;

  1. Discussion, -in class trainning
  2. After learning project (setelah penempatan)
  3. Kunjungan lapangan

Semoga dengan diadakannya acara ini, dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi para calon Pegawai Perum Perhutani. Sehingga mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia didalam perusahaan.

PERHUTANI BERUBAH! PERHUTANI BISA! PERHUTANI LUAR BIASA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *