PELESTARI BURUNG INDONESIA Mulai Realisasikan Perilisan Burung di Pusdikbang SDM Perhutani

MADIUN (08/01/2019) | Komunitas Pelestari Burung Indonesia (PBI) sudah mulai melaksanakan Kegiatan Perilisan Burung di dalam lingkupPusdikbang SDM (Sumber Daya Manusia) Perhutani. Kegiatan ini dilaksanakan  di Arboretum Selatan, Pusdikbang SDM Perhutani.  Rabu (08/01)

Pusdikbang SDM Perhutani menerima kedatangan Komunitas Pelestari Burung Indonesia

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komunitas Pelestari Burung Indonesia, Kepala Pusdikbang SDM Perhutani, dan beserta jajaran Pusdikbang SDM perhutani.

Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus)

Dalam Pelaksanaannya, ada 30 ekor burung berjenis Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus) yang hendak dirilis. Sebelum proses perilisan burung, langkah yang perlu dilakukan ialah Rehabilitasi dan Habituasi. Bersama dengan Komunitas Pelestari Burung Indonesia, Pusdikbang SDM Perhutani melaksanakan Rehabilitasi dan Habituasi pada salah satu kandang burung yang berada di Arboretum Selatan. Selanjutnya kandang tersebut akan digunakan sebagai media konservasi bagi burung-burung yang hendak dirilis.

Komunitas Pelestari Burung melakukan rehabilitasi dan habituasi bagi kandang yang akan digunakan sebagai media konservasi
Proses penyiapan pakan/makanan bagi burung yang hendak dirilis oleh Komunitas Pelestari Burung Indonesia

Setelah rehabilitasi dan habituasi, selanjutnya adalah perilisan burung. Perilisan dilaksanakan oleh Kepala Pusdikbang SDM Perhutani, Ir. Kristomo bersama dengan rekan Jajaran Pusdikbang SDM Perhutani dan Pelestari Burung Indonesia. Beliau menuturkan program konservasi ini akan terus berlanjut hingga beberapa bulan kedepan.

Ir. Kristomo selaku Kepala Pusdikbang SDM Perhutani ikut serta dalam pelaksanaan rehabilitasi dan habituasi
Komunitas Pelestari Burung bersama dengan Kepala Pusdikbang SDM Perhutani beserta jajaran

“Pusdikbang SDM Perhutani siap menyediakan habitat yang cocok bagi burung-burung yang hendak di konservasi. Semoga kedepannya program ini dapat terus berlanjut seiring berjalannya waktu.” Ungkap beliau.

Proses perilisan burung jalak kerbau oleh Kepala Pusdikbang SDM Perhutani bersama jajaran yang ikut hadir pada kegiatan tersebut
Proses perilisan burung jalak kerbau

Mas Catur yang merupakan perwakilan dari komunitas Pelestari Burung Indonesia juga menambahkan bahwa perilisan burung Jalak Kerbau ini merupakan suatu langkah untuk mengawali proses konservasi burung tepatnya di dalam lingkup kota madiun.

Burung Jalak Kerbau setelah proses perilisan
Burung Jalak Kerbau terlihat menikmati habitat baru

“Mengingat rencana yang akan datang, pada akhir februari akan dilaksanakan penetapan konservasi burung. Dan dari hasil diskusi yang dilaksanakan sebelumnya, Pusdikbang SDM Perhutani ditetapkan menjadi salah satu rekomendasi yang mempunyai habitat yang cocok sebagai tempat konservasi burung.” Ungkapnya.

PERHUTANI BERUBAH! PERHUTANI BISA! PERHUTANI LUAR BIASA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *