EKONOMI KETEKNIKAN “Analisis Investasi Kehutanan dan Lingkungan”

Penulis : Bramasto Nugroho

Penerbit : IPB Press

Buku ini dirancang untuk memberi pemahaman mendasar atas konsep-konsep ekonomi keteknikan untuk individu-individu yang berkecimpung pada bidang teknik (engineers). Penyusunan buku ini ditujukan untuk memberi pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan menganalisis biaya dan manfaat atas investasi suatu proyek dengan pendekatan ekonomi keteknikan (engineering economic). addiction hotlines

Diawali dengan bahasan pendahuluan untuk memahami ekonomi keteknikan sebagai pengantar. Dilanjutkan dengan tentang pengambilan keputusan yang membahas bagaimana keputusan dapat ditetapkan melalui tahapan yang sistematis. Terdapat dua informasi pokok yang harus diketahui dalam analisis investasi dengan pendekatan ekonomi keteknikan yaitu aliran kas (cash flow) dan pengetahuan tentang pengaruh waktu terhadap nilai uang (time value of money).

Kedua informasi pokok tersebut dibahas secara mendalam :

Dengan berbekal kedua informasi tersebut, selanjutnya dapat dikembangkan teknikteknik analisis guna mengevaluasi kelayakan finansial dan pemilihan alternatif investasi yang akan didanai. Terdapat tiga teknik analisis yang umum digunakan, yaitu analisis nilai kini (present value analysis), analisis ratio manfaat dan biaya (benefits-costs ratio – BCR), analisis tingkat pengembalian (rate of return analysis).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *