PeFI Menerima Kunjungan dari RECOFTC dalam Rangka Peninjauan Margowitan Model Forest

PEFI, PERHUTANI (06/06/2024) | Perhutani Forestry Institute (PeFI) menerima kunjungan dari tim Regional Community Forestry Training Centre for Asia and the Pacific (RECOFTC) tanggal 03-06 Juni 2024.

Hadir pada kunjungan tersebut, Senior Strategic Advisor;Ronnakorn Triraganon, Program Manager for RFMN-Asia; Julian Atkinson, dan Margowitan Model Forest Focal Point; John Novarly yang disambut oleh Wakil Kepala Perhutani Forestry Institute, Kepala Departemen Learning Center PeFI bersama tim pendamping, serta perwakilan dari satuan kerja Perhutani Rayon Madiun.

Sebagai lembaga kehutanan yang menjadi bagian dari komunitas Model Forest sejak tahun 2024, RECOFTC berperan sebagai sekretariat Regional Model Forest Network untuk Asia (RMFN-Asia). Dalam kunjungannya tim dari RECOFTC bertujuan untuk melakukan peninjauan pada model pengelolaan hutan di wilayah kerja Perum Perhutani bersama dengan Margowitan (Madiun, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan) Model Forest.

Pada pelaksanaan kunjungan diawali dengan pengenalan singkat tentang profil satuan kerja Perhutani yang masuk dalam Kawasan Margowitan, bertempat di ruang Inspirasi Departemen Learning Center PeFI, dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa lokasi wilayah kerja Perhutani, diantaranya: KPH Madiun, KPH Saradan, KPH Lawu DS, KPH Ngawi kemudian diakhiri dengan mengunjungi Departemen Learning Center PeFI.

Wakil Kepala PeFI; Haris Tri Wahjunita, menyampaikan bahwa Perhutani merasa senang bisa menunjukkan kepada tim RECOFTC tentang pengelolaan hutan secara Lestari dengan kolaborasi bersama Masyarakat sekitar hutan. Ia berharap kunjungan ini membuka jalan agar kedepan ada kerjasama yang bisa dikembangkan terutama dalam hal pendanaan dari Donatur Internasional bagi pengembangan kapasitas, pemberdayaan Masyarakat di sekitar hutan.

“Hari ini PeFI turut mendampingi kunjungan dari RECOFTC yang secara langsung ingin mempelajari Model Forest Margowitan serta berinteraksi dengan Masyarakat sekitar hutan. Sebetulnya dalam kegiatan ini, RECOFTC memegang beberapa prinsip diantaranya kelestarian, kesinambungan, kemitraan, keberlanjutan, dan tata kelola. Kami rasa semua itu sejalan dengan pengelolaan hutan yang telah dilakukan Perum Perhutani.”, tutur Haris.

Dalam kesempatannya, Senior Strategic Advisor RECOFTC, Prof. Ronnaron Triraganon mengungkapkan bahwa pihaknya datang untuk mempelajari lebih banyak tentang Margowitan Model Forest.

“Pada dasarnya tujuan kami untuk mempelajari lebih lanjut apa saja ekosistem hutan secara umum, terutama kesejahteraan manusia di sekitar Margowitan Model Forest, memahami sistem tata kelola, bagaimana Margowitan dapat terhubung dengan kelompok lain serta bagaimana kami bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah lain. Selain itu, kami juga ingin mengetahui lebih jauh tentang sistem produktivitas yang muncul di Margowitan, melihat bagaimana hutan percontohan dapat memenuhi tujuan pengelolaan lahan berkelanjutan,” tutupnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *