Pusdikbang SDM Sharing  Knowledge, Jangan Puas Jadi Generasi Copas

MADIUN ( 07/11/2019) |  Pusdikbang SDM Perhutani melaksanakan Sharing Knowledge, dengan tema Jangan Puas jadi generasi Copas, mari menulis, menulis itu (tidak) sulit yang mendatangkan narasumber Suwantik Yoso Sumarto Direktur dari PT. Wisanka Solo, Kamis (07/11)

Antusias seluruh peserta dalam mengikuti Sharing Knowledge

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta yang merupakan karyawan-karyawati dari Pusdikbang SDM Perhutani, KPH Saradan, KPH Lawu, KPH Madiun, KPH Ngawi, KBM Madiun, dan PHW II Madiun. Dalam pembukaan acara tersebut, diawali dengan sambutan dari Taufik Setyadi yang merupakan Widyaiswara Pusdikbang SDM Perhutani. Dia menuturkan bahwa dilaksanakannya Sharing Knowledge ini adalah untuk berbagi ilmu dan motivasi bahwa semua orang bisa menjadi penulis.

Narasumber Bp. Suwantik Yoso Sumarto bersama dengan Bp. Taufik Setyadi

“Banyak sekali manfaat dari menulis, salah satunya yaitu bermanfaat untuk memperkuat ingatan. Sharing Knowledge ini dilaksanakan agar bisa memotivasi diri kita untuk menulis hal hal yang baik.,”, ujar Taufik.

Menurutnya banyak orang yang belum mengetahui mengenai apa yang sudah dilakukan oleh Perhutani, apa yang sudah diolah oleh Perhutani, dan sebagainya, jadi mari kita buktikan hal ini melalui tulisan di media, ujarnya.

Narasumber Bp. Suwantik Yoso Sumarto menjelaskan mengenai materi Sharing Knowledge

Bp. Suwantik Yoso Sumarto. Selaku narasumber pada acara tersebut menyampaikan,  ada 6 faktor dasar mengenai  mengapa kita harus menulis yakni faktor meningkatkan kreatifitas, menjaga komitmen, meningkatkan percaya diri, anti stress, penghasil income, dan  jaringan amal.
“Terkadang kita bingung, mengenai apa saja yang harus kita tulis dan dari mana asal materi dari sebuah tulisan. Sebenarnya hal tersebut dimulai dari hal kecil seperti menulis status entah itu whatsapp atau sosial media, menulis artikel, dan sebagainya, terangnya.

Sedangkan asal materi tulisan sendiri dapat ditemukan dari berbagai sumber, salah satunya dengan membiasakan banyak membaca, dengan jalan-jalan atau Travelling dan mendengarkan apa yang ada di sekitar.” imbuh Bp. Suwantik

Penyerahan Cindera Mata dari Bp. Taufik Setyadi selaku perwakilan dari Pusdikbang SDM Perhutani kepada Narasumber Bp. Suwantik Yoso Sumarto yang merupakan Direktur PT. Wisanka Solo

Beliau juga menambahkan ada beberapa tips agar tulisan lebih terlihat menarik, yaitu : menentukan tema atau mencari tema yang sedang trending, memberikan judul yang menarik agar mampu menarik rasa ingin tahu pembaca, menggunakan kalimat yang efektif dengan menghindari kalimat yang terlalu panjang atau bertele-tele.

“Kalau ingin mengenal dunia, membaca. Kalau ingin dikenal dunia, menulis. Kalau ingin dikenal di dunia dan di langit, menulislah.”

( Suwantik Yoso Sumarto – Direktur PT. Wisanka Solo. )

PERHUTANI BERUBAH! PERHUTANI BISA! PERHUTANI LUAR BIASA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *