Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya gelar Pendidikan Lingkungan di Pusdikbang SDM Perhutani

(MADIUN | 12/11/2019) Lingkungan hidup adalah kesatuan antara seluruh makhluk hidup dan non-hidup, yang meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, termasuk interaksi seluruh spesies dan sumber daya alam. Dan pada kesempatan kali ini Pusdikbang SDM Perhutani kedatangan tamu siswa-siswi dari Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya, yang akan melaksanakan kegiatan Pendidikan Lingkungan di Pusdikbang SDM Perhutani. Selasa (12/11)

makan siang dengan metode kedisiplinan militer

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas V yang terdiri dari 55 peserta dan dibimbing oleh 9 guru pendamping. Kegiatan dimulai dengan makan siang bersama, akan tetapi menggunakan metode yang berbeda yaitu kedisiplinan Militer. Mungkin bagi mereka kegiatan kali ini akan menjadi suatu pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Selain belajar mengenai lingkungan hidup, mereka juga mendapatkan ilmu mengenai kedisiplinan.

Semangat seluruh siswa-siswi dalam melaksanakan materi didalam ruang Sonokeling bersama Bp. Suyitno

Setelah makan siang, seluruh peserta melaksanakan pembelajaran di dalam ruangan Sonokeling. Mereka diberikan materi dasar mengenai latar belakang perusahaan Perhutani, Wilayah Kerja, Lingkungan Hutan, Ekosistem, dan Pengelolaan Hasil Sumber Daya Hutan kayu dan non-kayu.

Siswa-siswi dalam menjalani praktek di luar ruangan

Kemudian materi dilanjutkan dengan praktik yang dilaksanakan di Arboretum Selatan Pusdikbang SDM Perhutani. Untuk materi di luar ruangan, mereka diajarkan mengenai pengenalan lingkungan, mengukur ketinggian pohon, dan penghitungan usia/lingkar tahun pohon.

foto bersama didepan monumen jati keramat

Menurut salah satu guru pendamping, pendidikan lingkungan seperti ini merupakan salah satu cara efektif dalam menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang pada lingkungan. Karena lingkungan adalah unsur kehidupan bagi seluruh manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *